Rumah Kita Terbakar, Tak Usah Menyalahkan Tuhan. Sistematis Langkah Menyelamatkan Bumi Lewat Green New Deal. Review On Fire the Burning Case for a Green New Deal – Naomi Klein

Standar
Rumah Kita Terbakar, Tak Usah Menyalahkan Tuhan. Sistematis Langkah Menyelamatkan Bumi Lewat Green New Deal. Review On Fire the Burning Case for a Green New Deal – Naomi Klein

Ini buku keempat dari Naomi Klein yang saya baca. Dia adalah seorang feminist, aktivis lingkungan dan jurnalis yang tinggal di Kanada. Yang buat saya betah membaca bukunya hingga selesai dan biasanya hanya butuh 4 hari buat diselesaikan, karena kedekatan rasa yang dia sampaikan dalam bukunya. Anaknya Toma telah mengubah cara dia melihat dunia. Tak ada waktu lagi untuk berkompromi dengan “business as usual” kapitalisme, dan neo liberal dengan free marketnya yang telah merusak bumi. Berdasarkan hitungan IPCCC kita punya waktu hanya 1 dekade untuk bisa memaksa temperature bumi dibawah kenaikan 1.5 derajat celcius. Masa depan Toma dan generasi Greta Thunberg yang dipertaruhkan.

Buku ini berisi esai, dan kuliah umum Klein di depan beberapa forum termasuk pertemuannya dengan Paus Francis saat Vatikan nyusun Laudato Si, enklisik tentang perlindungan terhadap rumah bersama yaitu bumi. Dalam Islam ini seperti fatwa untuk mengubah perilaku, melindungi bumi bahkan penyampaikan pertobatan ekologi. Untuk Klein, lembaga paling konservatif di bumi ini bahkan telah berubah dan memandang isu lingkungan menjadi sangat penting dan mendesak untuk diperhatikan.

Dalam satu bab, Klein menceritakan bagaimana dia terjebak dalam kebakaran hutan di daerahnya di Kanada selama beberapa minggu. Tak bertemu matahari, napas pun sesak. Biasanya Tuhan dibawa-bawa dalam setiap masalah yang dihadapi manusia. Leave HER alone, kata Klein. Ini bukan soal Tuhan, kebakaran, banjir, badai topan itu terjadi karena ulah manusia. Ketika kita membakar hutan, panas yang dilepas ke atas dan berkumpul, membuat temperature tinggi, kalau hujan makin jarang, lalu gesekan sedikit saja akan kembali menimbulkan bara api. Ini seperti lingkaran setan. Maka berhentilah membakar hutan sejak awal. Begitu juga dengan banjir dan cuaca ekstrim hingga badai topan. Semua itu bukan salah hutan, jangan bilang ini cobaan dari Tuhan karena kita, manusia yang mendatangkan bencana itu sendiri.

To change everything, it takes everyone kata Klein. Gereja Katolik, anak-anak sekolah turun ke jalan melalukan climate march terinspirasi Greta Thunberg dan aktivis lingkungan turun ke jalan, memboikot kerjaan hidrolik para penambang minyak bumi dan. Tapi itu saja tidak cukup. Sejak 80an kita para aktivis lingkungan bergerak dan berhadapan dengan para penyangkal perubahan iklim, pemilik modal dan politisi. Memanfaatkan sains untuk menyangkal sains. Klein mengajak untuk mengumpulkan kekuatan dari segala penjuru dan semua bidang, termasuk memetakan ekonom dan politisi yang peduli dan mau kerja, ini lebih penting. Para ahli ekonomi yang tergabung dalam gerakan Post Growth dan De Growth sudah melakukan penghitungan ekonomi jika perubahan model pasar dilakukan menjadi ramah lingkungan. Klein menyebut Kate Raworth dengan Doughnut Economic sebagai salah satu contoh, lalu bekas menteri keuangan Yanis Varoufski juga di antara mereka yang berani menantang perubahan tanpa harus “merugi” tapi justru memberikan keuntungan lebih.

Di Amerika Serikat, anggota Senat, Alexandria Ocasio-Cortez bersama Ed Markey mengajukan paket regulasi Green New Deal (GND) untuk mengatasi perubahan iklim dan kesenjangan sosial ekonomi. Green New Deal bukan paket yang ujug ujug dibuat, tapi merujuk pada reformasi yang dilakukan Presiden Franklin D. Roosevelt saat menghadapi Great Depression – krisis ekonomi 1929 to 1939. Green New Deal menekankan pendekatan ekonomi untuk energi terbarukan, efisiensi sumber daya alam, perlindungan hutan sekaligus menyiapkan kesetaraan pendapatan untuk semua warga negara, dan menaikkan pajak orang kaya.

Jika Green New Deal bisa jebol di Amerika, ini akan jadi awal besar yang dapat direplikasi di negara lain. Isu lingkungan tak bisa menunggu lebih lama, segala upaya dari berbagai penjuru harus dilakukan bersamaan. Tetapi mengubah sistem politik dan ekonomi yang sudah bertahun-tahun merusak alam, harus mendapatkan “Yes” dari kita semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s