Cincin Kawin

Standar

Seorang teman bule bertanya pada saya kenapa tak banyak pria dan wanita yang menggunakan cincin kawin di jemarinya. Saya menjawab sekenanya, berdasarkan ajaran agama saya, lelaki tidak diperkenankan menggunakan perhiasan dari emas. Barangkali itu jadi alasan utamanya.

Dia sepertinya tidak puas dengan jawaban saya, karena menurut dia sebagian yang ajarannya berbeda dengan saya pun tidak menggunakan cincin kawin. Lalu saya balik tanya,”kenapa sih ribet banget sama cincin kawin? Apa artinya sebuah cincin kawin? Kenapa harus dipakai?”

Wajahnya memerah,”ini symbol kesetiaan!”

AHA!

Saya lalu bertanya random pada sahabat saya, apakah cincin kawinnya dipakai? Begini jawabannya

  1. Dipake sejak gue nikah sampai sekarang engga pernah lepas kok
  2. Ngga. Karena waktu nikah emang engga pakai cincin kawin.
  3. Dipake. Nikah adalah hal tergila yang gue lakukan seumur hidup dan ini adalah putusan yang paling bener.

Apakah cincin kawin melingkar di jari, melingkari juga napsu yang bergemuruh di dada? Apa cincin kawin menjauhkan diri dari segala godaan?

Tidak tentu saja.

Beberapa kawan saya justru tertarik dengan mereka yang tanpa menyebut status, tentu dengan melirik jemari bercincin sudah tahu dia menikah. Apa meredam rasa? Tidak. Mereka yang sudah terikat dilihatnya justru lebih menantang, resiko besar sekalipun kecil. Kalau bisa berpasangan dengan yang sudah menikah, jelas-jelas tak perlu takut pada tuntutan komitmen.

“Kalau yang bercincin saja bisa tidak setia, lalu bagaimana dengan yang tidak?”

Tidak ada yang bisa memastikan soal rasa, tidak juga surat nikah apalagi Cuma cincin kawin yang bisa dilepas dan disimpan di kantong, pulang ke rumah pakai lagi. Aha!

Naïf ah kalau cinta dan setia cuma dilambangkan oleh cincin kawin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s